Senja berkawan dengan anjing

Jadi Ibu…

Hal yang paling menakutkan untuk kulakukan selain pergi ke rumah sakit adalah bertemu dengan bayi atau balita. Aku terlalu kikuk untuk berbahasa bayi, menyapa, mengajak bermain apalagi menggendong . Itu yang membuatku selalu khawatir bertemu dengan ibu muda bersama bayinya. Aku tahu pasti mereka berharap aku memberi respons seperti perempuan pada umumnya: semangat, ceria, langsung berbahasa bayi, gendong, dst dst. Sementara reaksiku paling cuma memegang sebentar lalu mencari cara untuk lari. 

 
Mungkin itu alasannya aku terlalu gugup untuk punya anak. Namun lucunya, diam-diam aku sudah menyiapkan nama jauh sebelum anakku lahir. Aku sering cari-cari informasi sekolah yang baik, buku-buku cerita, bahkan sampai memperhatikan harga susu. .. Bahkan sebenarnya keinginanku untuk jadi pekerja lepas semata-mata karena aku ingin punya waktu lebih banyak ketika lima tahun pertama usianya.
 
Yah andai untuk menjadi ibu perlu mendapat SIMi (Surat Ijin Menjadi ibu) terlebih dulu, aku rasa aku bisa lulus dengan nilai memuaskan: masih perlu berlatih utk akrab dengan bayi, tapi sudah siap untuk mendidik anak usia SD sampai SMA..Aku sudah bisa membayangkan apa saja yang ingin kuajarkan pada anakku tentang hidup..Aku akan terbuka kepadanya dan membiarkan ia tahu dan belajar dari kesalahan yg pernah aku buat dalam hidup (entah itu dalam urusan akademik, gaya hidup, ataupun relationship). Aku ingin menghabiskan banyak waktuku dengannya..tapi aku juga tidak ingin menjadi posesif..  Bahkan kadang di waktu lengang aku berbicara pada diriku sendiri, apa yang tidak perlu kuulangi kesalahan orangtua membesarkanku. 
 
Semua rencana tinggal rencana, aku tidak akan pernah tahu kapan aku punya anak. Jalan hidupku masih panjang,,masih banyak yang mesti kulakukan & masih banyak yg mesti kupelajari. Jadi untuk calon bayiku? kamu ada, aku happy, kamu ga ada, aku senang-senang aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s