Grace of Christ Community Church Sekolah minggu

Guru juga manusia

Sebagai manusia biasa yang tidak bisa menyenangkan semua orang di seluruh permukaan bumi ini, maka tidak heran jika ada saja yang protes dengan tindakanku. Terutama pekerjaan sebagai guru yang diharapkan bersahaja nyaris tanpa cacat cela.Tapi saya manusia biasa dan di halaman yang sunyi ini aku berhak menjerit.

Suatu hari beberapa minggu yang lalu, salah seorang murid tiba ke sekolah dan tidak mau turun dari mobil. Ibunya datang menghampiriku dengan nada mengeluh, ‘wah si, Ancici (bukan nama sebenarnya) nih ga mau turun dari mobil’. Tentu saja aku tidak mengerti apa makna tersirat dibalik pernyataannya. Aku berpikir anaknya yang nota bene 18 tahun bisa berjalan sendiri jika memang ia mau sekolah dan aku sebagai guru bukanlah baby sitter yang harus merayu sang anak turun dari mobil. Sang ibu ternyata kecewa dengan tindakanku yang hanya terus masuk ke ruanganku dan tidak tertarik membujuk anaknya untuk masuk ke kelas. Ia pun melaporkan hal tersebut ke guru yang sudah lama ada di departemenku bekerja dan guru tersebut mengingatkanku untuk lebih ramah.

Aku senang menerima masukan tapi bukan berarti aku melakukan semua permintaan. Aku tetap ramah menyapa di pagi hari tapi di lain waktu aku tetap tidak tertarik untuk mendatanginya ke mobil dan meminta dia masuk ke kelas.. Sama seperti ketika sang ibu ini meminta agar guru baru di departemenku adalah seorang yang sudah berkeluarga sehingga bisa totalitas menjadi guru. Intinya dia meragukan kami 4 bujangan ini cukup berkualifikasi utk mengajar anak-anak berkebutuhan khusus usia remaja. Hah.. Aku jadi berpikir mengapa sang ibu ini tidak melamar saja menjadi guru di departemenku..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s