sekolah di mana?

brangkat!

Sebagai seorang guru, aku suka iseng-iseng mengamati sekolah mana yang tepat jika satu saat aku punya anak nanti. Akhir-akhir ini aku menemukan jawab bahwa tiada sekolah yang terbaik. Masing-masing ada kekurangan dan kelebihan. Lagipula jam sekolah yang singkat menjadikan rumah tetap menjadi tempat terbaik untuk mengajar anak-anakku sendiri.

Aku merasa tidak perlu ngoyo menyekolahkan anakku di sekolah yang menghabiskan uang banyak. Bukan berarti aku pelit untuk pendidikan anak. Buatku sekolah yang memang sesuai keuangan keluarga dan anak-anakku senang bersekolah di tempat itu. 2 hal itu sudah cukup buatku. Selebihnya, aku ingin menawarkan pendidikan dengan konsep yang selama ini ada di benakku. Terinspirasi oleh Vgotsky, aku ingin memulai mendidik dari kondisi anakku sendiri. Mengembangkan kelebihannya dan tidak terfokus pada kekurangannya. Aku tidak ingin terpatok bahwa standar kecerdasan anakku harus menguasai pelajaran tertentu.

Sadar bahwa kemungkinan anakku mewarisi gaya belajarku, maka dalam mempelajari hal baru, aku ingin memastikan dia paham mengapa ia perlu mempelajari hal tersebut dan yang terpenting, semua itu melibatkan panca inderanya sebab aku ingin apa yang ia pelajari akan selalu ia ingat, bukan sekedar numpang lewat untuk mengejar hasil ujian sempurna. Aku akan senang menghabiskan waktu liburan untuk membawanya berpetualang melihat tempat baru, mencoba hal berbeda, apapun yang bukan mall atau hal-hal standar.. Hahaha.. sekian impian menjadi ibu idealis.. back to reality.. back  to teaching preparation.. 😉

2 thoughts on “sekolah di mana?

  1. Home Schooling, Vi…. Enak banget tuh kayaknya. Dulu waktu SD sama SMP, gw lebih mantep diajarin nyokap di rumah daripada di sekolah.. Sekolah mah buat bersosial aja.. Hehehe..

    1. wow fathia membaca rencana g.. padahal itu baru rencana next postingan g di blog ini loh.. Iya g jg berpikir gitu.. mungkin semi home schooling jadi belajar lebih padat dan anak g tetap belajar bersosialisasi. Hehehe toh mamanya guru kan 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s