hidup itu gampang

Jika ingin menjalani hidup dengan mudah, maka harus berani untuk berhenti mengucapkan: HARUS dan SELALU.

Albert Ellis, yg menggerakkan Rational Emotive Behaviour Therapy, menyatakan bahwa seringkali yang membuat hidup manusia menjadi terkesan sulit adalah karena manusia menetapkan pola pikir HARUS dan SELALU pada:

diri sendiri
I must do well and be approved by significant others and if I am not, then it’s awful’ atau ‘I must be good to others‘. Tuntutan kepada diri sendiri untuk menyenangkan smua pihak adalah hal yang melelahkan. Selalu ada kemungkinan orang tidak setuju ataupun tidak menyukai tindakan kita.

I must be fair to everyone‘. Contoh nyata adalah: setiap orang tua pasti tanpa sadar ada kecenderungan dekat dengan salah satu anak dibanding dengan anak lain. Itu adalah hal lumrah. Tidak perlu memaksakan untuk adil kepada semua orang.

I must do my best in everything I do‘. Akan terdengar lebih rileks untuk diri jika bilang ‘I will do my best in this area, I will do my second best in that area‘. Tidak perlu jadi nomer satu di segala bidang.

pada orang lain
You must treat me well and I can’t bear it when you dont‘ atau ‘Everyone should support me in everything you do‘ Jika terus berkutat pada belief seperti ini, bisa dipastikan akan menjadi passive agresif jika tidak mendapatkan apa yang diinginkan.

pada kondisi hidup
life conditions under which I live must be absolutely the way I want them to be and if they are not, it’s terrible..‘ Percayalah semua itu hanya mengarah pada mengasihani diri sendiri. Justru ketika hidup berjalan ke arah yang tidak semestinya, soul menjadi lebih kuat dan pengalaman hidup semakin kaya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s