merumuskan kamu

Orang Psikologi sering bilang pria memilih perempuan yang mirip dengan sosok ibunya, dan wanita memilih pria yang mirip dengan sosok ayahnya. Hmm, mungkin ada benarnya.. Sekalipun aku mempunyai hubungan yang tidak mulus dengan bapakku.. beberapa kali ketika aku dekat dengan pria, aku bergumam pada diriku sendiri, ‘oh tidak, udah kayak bapak aja!‘ Biasanya seketika itu aku menarik diri dan ingin segera menghentikan hubungan itu karena aku tidak ingin dalam turbulensi emosi negatif seperti ketika aku dengan bapakku.

Namun sebenarnya tidak ada yang istimewa di bumi ini. Semua hanyalah pengulangan kisah lama bukan? Maka ketika aku melihat tabiat-tabiat bapakku seperti verbal abuse di pria A, atau selalu ingin terlihat tough dan tidak mau sharing masalah di pria B, atau selalu tidak happy dgn hidup di pria C, itu hanyalah pengulangan biasa yang bisa kutemukan di pria D, E, dst.

Ketika jomblo seperti ini adalah kesempatanku untuk sesuka-sukanya merumuskan sosok pria yang kuinginkan. Sungguh aku tidak pernah tertarik dengan pria six packs atau ganteng cap player. Aku biasanya kehilangan selera dengan pria yang membungkus kepercayaan dirinya dengan segala gadget terbaru. Aku bisa meleleh melihat pria yang rendah hati dan menunjukkan kedamaian yang mendalam. Pria yang memiliki pekerjaan yang ia cintai karena pekerjaan tersebut adalah passionnya tanpa menjadi workaholic. Pria yang bisa menunjukkan bahwa ia pun bisa lemah. Last but not least, pria yang mencintai anak-anak dan istrinya. Hmm, yang terakhir ini adalah doa ibuku yang selalu ia ucapkan sebelum aku berangkat kerja. Dulu aku seringkali protes, ‘ya elah mak, belum mau kawin juga!!’ Tapi akhir-akhir ini, aku mengamini juga doanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s