Ask Good Questions..

Setelah lima kali pertemuan kelas konseling akhirnya minggu kemarin kami murid-murid kelas Counseling mencoba praktek skills dalam Counseling sebelum akhirnya bulan depan mengumpulkan paper dan ujian praktek Counseling. Ketika pengajarku memberikan contoh bagaimana dia menjadi pendengar yang baik dan memberikan respons terhadap curhatan salah satu volunteer di kelas kami, aku melihat semua itu terlihat mudah untuk dilakukan.

Lalu giliran kami melakukan: gubrak, salah total. Aku lupa bahwa kunci dalam konseling selain mendengar aktif, juga menanyakan pertanyaan yang tepat bukan malah memberikan jawaban secepatnya. Kecenderungan manusia untuk langsung menawarkan solusi atau saran sebenarnya adalah kesalahan fatal yang dilakukan dalam dunia persilatan Konseling. Semua harus dimulai dengan menanyakan pertanyaan yang tepat, terus menggali sampai akhirnya orang yang berkonsultasi dapat menemukan jawab atas masalahnya sendiri.

Sepanjang perjalanan pulang aku jadi manggut-manggut sendiri. AKU MASIH PERLU LATIHAN BERTANYA LEBIH BANYAK!!! Akupun jadi ingat kesalahanku 2 hari sebelum aku menghadiri kelas konseling ini. Aku langsung memberi saran kepada temanku dan berakhir dengan respons: LU SIAPA MAKSA GW?

Ya resiko belum mahir saat itu.. Mulai sekarang jika temanku berkonsultasi tentang masalah apapun, aku akan selalu ingat kata-kata Richard, pengajarku, ‘ask good questions, no quick answer‘. 1 bulan sebelum test praktek… ada yang mau jadi volunteer untuk aku latihan??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s