pujian berlimpah

Saya memperhatikan kecenderungan orang pada umumnya untuk mudah sekali menyampaikan kritik atau menegur kesalahan namun enggan sekali untuk memberikan pujian walaupun pujian itu kepada sebuah tindakan yang sepele. Sebenarnya bukan cuma murid yang butuh pujian, orang dewasa pun butuh pujian karena tiap orang di bumi ini masih bersekolah di sekolah kehidupan. Dalam pembelajaran di sekolah kehidupan ini sebenarnya orang justru bisa berubah ke arah yang lebih baik ketika pujian itu diberikan berlimpah daripada sebuah teguran atas kesalahan yang membuat orang menjadi undur dalam mengembangkan dirinya.

Pujian atau reinforcement sebenarnya adalah hadiah kecil yang bisa kita berikan kepada siapapun tanpa perlu ada batasan. Tidak perlu ragu untuk sering memberikan pujian & lakukanlah itu dengan tulus, sepenuh hati & ekspresif. Memang mungkin banyak dari kita yang dibesarkan oleh orang tua yang sekedarnya memberikan pujian ketika kita melakukan sesuatu yang positif tapi dengan detail dan sigap akan memberikan kita kritik ketika  kita membuat suatu kesalahan. Namun bukan berarti kita harus mengulangi kesalahan yang sama dengan pendahulu kita bukan?

Saya sendiri tidak ragu memberikan pujian kepada murid saya ataupun kepada orang di sekitar saya ketika mereka melakukan sebuah hal kecil ataupun sederhana. Bisa saja orang tersebut menerima banyak pujian dari saya dalam sehari, saya memujinya karena dia mau membantu saya mengambilkan gelas, saya memujinya karena dia mengalah, lalu saya memujinya karena dia berinisiatif merapikan meja tanpa perlu saya ingatkan lagi. Buat saya ketika saya ingin melihat perubahan orang di sekitar saya, maka yang saya lakukan adalah memberikan pujian langsung ketika orang tersebut melakukan sebuah perilaku positif. Biasanya pujian yang saya ucapkan bukan cuma sekedar ‘wah bagus sekali’ atau ‘wah anak yang baik‘ tapi saya akan bilang ‘wah aku suka sekali kamu mau mengalah..saya bangga sekali sama kamu

Jadi formula saya dalam memberikan pujian jelas : saya akan langsung memberikan pujian langsung ketika perilaku itu muncul, saya akan memberikan pujian itu dengan detail sehingga orang tersebut tahu perilaku apa yang saya suka, dan terakhir saya mengucapkannya dengan ekspresif; saya tidak ragu untuk menunjukkan muka saya yang penuh semangat dan keceriaan untuk memberikan pujian

“Too often we underestimate the power of touch, a smile, a kind word, a listening ear, an honest compliment or the small act of caring, all of which have the potential to turn a life around” (Leo Buscaglia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s