klasifikasi manik manik

jewelry making

make a necklace

Sepanjang tahun ajaran ini, aku mengajarkan murid-muridku cara membuat perhiasan. Kebetulan aku memiliki kemampuan yang lumayan untuk urusan yang satu ini. Modal belajar dari kolegaku di departemen sebelumnya, aku mulai terampil berkreasi sendiri. Tidak sehebat Elizabeth Wahyu memang, tapi cukup memberi kepuasan batin dan aku begitu percaya diri untuk memakai desainku sendiri 😉 (psst, lets have out of topic writing, It is always my dream to wear chic simple accecories on my holy matrimony.  Thx God I have talent to design,, So I ve prepared it since 2010..long time ago before I am in a relationship with him.. hahaha)

Jewelry Making alias prakarya perhiasan memang terkesan pelajaran kewanitaan padahal kan murid-muridku juga ada yang cowok, tapi di pelajaran ini banyak hal yang bisa diajarkan. Mereka berlatih untuk mengelompokkan manik-manik berdasarkan warna dan bentuk, mereka juga belajar untuk membuat perhiasan berdasarkan urutan yang telah diberikan.

Sampai saat ini yang kuajarkan baru gelang, kalung, tirai, gantungan kunci dan anting. Untuk dua item terakhir hanya dua muridku yang benar-benar memiliki kemampuan motorik halus untuk mengerjakannya sampai tuntas karena dalam pengerjaannya dibutuhkan kemampuan memotong dan membuat lengkungan dengan tang khusus.

Itu sebabnya sebagian besar produk yang dihasilkan sepanjang tahun ini adalah kalung dan gelang karena hanya mengandalkan senar dan kesungguhan mereka berkonsentrasi untuk membuat pola yang telah ditentukan sebelumnya. Manik yang digunakan pun yang berukuran besar sehingga memudahkan mereka untuk memasukkan ke dalam senar 😛

kalung & pembuatny 😉
gelang buatan murid
klasifikasi manik manik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s