Es Teh Jeruk Maniss dong

Dari lubuk hati terdalam, memasak sungguh bukan kesukaanku. Aku hanya suka membuat cemilan, cake, dan minuman. Menarik rasanya berpetualang walaupun buat orang itu hanyalah sebuah sajian sepele karena bisa disajikan dari membeli bentuk instan dari supermarket.

 
Bermula dari jeruk lemon yang sudah layak panen di kebun sekolah, aku mulai membuat es teh lemon. Aku ingin membuat ice lemon tea yang sesuai dengan seleraku karena seringkali meminum es ini di restoran cuma membuatku membatin bilang : tehnya kurang, asemnya kurang, manis tok, dibanyakin es batu doang, mahal pisan. Jadilah aku mulai mencoba sendiri. Sayang percobaan pertama kurang manis dan tapi sudah cukup kental. Sekedar informasi, aku penganut teh Ginastel (legi-panas-kentel), jadi teh harus teh tubruk (yang disaring karena aku geli dengan pucuk daun teh kering berkeliaran di mulutku) diminum panas-panas dan tidak lupa warnanya harus merah pekat. Percobaan kedua tidak manis dan juga tidak kental. Ini disebabkan karena aku hanya menuang air panas ke atas teh yang berada di dalam saringan sehingga teh belum cukup berubah warna. Percobaan ketiga pun akhirnya dimulai malam ini :
 
  • 2 buah jeruk lemon diperas
  • 1 bungkus kecil Teh Tjap Botol
  • 1/8 kg gula pasir

Semua bahan tersebut bisa menghasilkan satu liter air teh jeruk manis. Modalnya ? Botol Rp.16.500, jeruk gratis (kalau beli di tukang sayur 3 buah Rp.2000), teh 1 bungkus Rp.1000 dan gula pasir 1/4 kg Rp. 4000 .

 
Sambil mengerjakan teh ini aku pun mulai mengkhayalkan kapan aku bisa menggarap Kopi Kompromi.. iseng googling aku menemukan toko yang menjual coffee plunger, plus set sendok yang kuidamkan, dan mixer yang kuinginkan…hmm seperti menemukan harta karun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s