Bocah Kecil & Motornya di Sore Hari

Sore ini ketika aku berjalan di komplek kostku, aku berpapasan dengan anak laki-laki yang masih mengenakan celana merah seragam SD terlihat menikmati mengendarai motor bebeknya. Aku adalah orang yang sangat tidak suka melihat anak usia sekolah naik motor buat gengsi-gengsian. Bukan sekali dua kali aku bisa melihat mereka belum sepenuhnya menguasai jalan sehingga keberadaan mereka walaupun cuma di jalan kompleks cukup membahayakan diri mereka maupun orang lain.

Bocah ini terus mengendarai motornya memasuki jalan yang sudah dua minggu ini dirantai. Dia (dan juga aku yang berjalan perlahan di belakangnya) tahu persis bahwa rantai itu tidak dapat dilewati. Namun ternyata dia punya prediksi yang terlalu optimistis. Dia berharap bisa melewati celah kecil yang berada di sebelah pembatas rantai itu. Tentu saja dia tidak bisa menerobos. Dia mematikan mesinnya dan bersiap memundurkan motornya. Aku bisa melihat dia mengalami kesulitan mengingat jalan ini sempit dan menurun.

Seorang kakek yang berjalan lebih dulu di depanku dengan puas menyalahkan anak kecil tanpa memberikan bantuan. Seperti yang telah aku jelaskan diatas, aku tidak mendukung orang dibawah umur mencoba-coba bawa motor, tapi aku juga tidak ingin menyudutkan anak ini. Aku kemudian membantunya untuk menarik dan memajukan motor sampai posisi motor bisa putar balik. Aku menolongnya dengan kapasitasku mengingat tangan kananku masih nyeri setelah jatuh dari motor. Di saat aku membantunya bisa saja aku sambil menasehatinya soal keselamatan berkendara motor tapi aku sama sekali tidak tertarik melakukan itu. Aku yakin hati kecilnya telah tertuduh dan aku tidak perlu membuatnya semakin merasa bersalah atau malu. Ia mengucapkan terima kasih padaku sebelum akhirnya berlalu. Aku sendiri senang bisa mengulurkan tangan padanya dengan tulus, tanpa syarat, tanpa tuntutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s