10,000 hours

wake up early Vi!

Beberapa bulan yang lalu saya membeli buku karya Merry Riana dan baru terbaca 2 hari yang lalu ketika saya (akhirnya) punya waktu luang. Saya tidak menemukan jawaban apa yang dia lakukan ketika dalam usia semuda itu (26 tahun) bisa memperoleh kebebasan finansial yang luar biasa. Di salah satu bagian e-booknya (yup, waktu luang saya berakhir dengan membaca 2 bukunya, bukan cuma 1), dia menggunakan metode yang digunakan Malcolm Gladwell : 10.000 jam.. 

Saya suka sekali teori 10,000 jam ini. Membuat saya bisa melihat angka yang terukur untuk mengejar impian saya. Tinggal keputusan saya pribadi apakah akan menghabiskan 10,000 jam itu dengan santai atau secepatnya menyelesaikan 10,000 jam tersebut. Saya tidak tertarik bergerak dengan perlahan. Saya tertantang untuk berlari dengan santai. Kalau Merry Riana membutuhkan waktu 1.5 tahun untuk menyelesaikan 10,000 jam nya, maka saya menetapkan target untuk menyelesaikan 10,000 jam saya dalam waktu 3 tahun.

Itu bukan sesuatu yang mudah, namun tidak susah. Saya pun mulai berhitung dengan seksama. Saya harus menyediakan waktu 10 jam demi impian saya tersebut selama 5 hari dalam seminggu selama 36 bulan. Total waktu yang akan saya alokasikan memang baru 7200 jam tapi saya percaya di titik itu saya sudah memetik hasil yang saya inginkan.

One thought on “10,000 hours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s