Pertama Kali : Berburu Foto & PhotoVoice

Perjalanan dinas ke luar kota yang saya alami pertama kali selama menjadi guru sungguh memberikan pelajaran banyak buat saya. Saya menikmati perjalanan itu karena sungguh singkat-padat-hangat. Tugas dinas ini sebenarnya untuk mengikuti pelatihan PhotoVoice di Jogjakarta. Acaranya sendiri sebenarnya hari Minggu tanggal 15 Januari 2012 namun saya dan kolega sengaja berangkat lebih awal untuk jalan-jalan. Karena pelatihan mewajibkan bawa kamera, kali ini saya sengaja khusus meminjam kamera milik partner saya. Sejujurnya, saya tidak terlalu menguasai penggunaan kamera ini (Nikon D3100). Pernah memang saya diajari oleh partner cara penggunaan maupun tekniknya namun semua kata-katanya hanya masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Membingungkan.

Jadilah ketika di Stasiun Gambir saya baru berguru kepada kolega saya yang memang sangat menyukai fotografi. Pelajaran saya cuma 3 : Apperture, Speed, dan ISO. Untuk tiga hal itu sudah cukup membuat bingung dan mesti bertanya beberapa kali. Dari puluhan hasil ada beberapa yang saya masukkan dalam album picasa karena buat saya foto-foto tersebut seperti banyak bercerita. Oh ya ngomong-ngomong soal foto yang bercerita, itulah inti dari pelatihan PhotoVoice yang saya ikuti. Bagaimana foto tanpa menggunakan teknik khusus ataupun kamera mahal bisa bicara banyak hal tentang apa yang kita rasakan. Berikut ini saya contohkan beberapa PhotoVoice Project yang saya buat :

  • Ke Kiri / Ke Kanan Aku Pulang

Papan ini hampir selalu ada di setiap stasiun lintas Jawa yang biasa saya lewati. Di papan ini tercantum jarak ke Surabaya (kota ibu saya tinggal..well she actually lives in Kediri 80 km from Surabaya..) dan jarak ke Jakarta (kota saya tinggal). Saya menikmati papan ini karena kemanapun saya memutuskan untuk pergi saya tetaplah pulang.

  • Menyerah

Gapura ini tergeletak begitu saja setelah siklus 100 tahunan pada Gunung Merapi terjadi. Tidak ada lagi yang tersisa dari kampung ini kecuali gapura yang akhirnya menyerah pada kekuatan alam

Ke Kiri / Ke Kanan Aku Pulang
Menyerah

Saya tertantang untuk mengajak anak-anak murid dengan berkebutuhan khusus untuk melakukan hal yang sama : Memfoto apa yang terlihat unik, memberikan judul dan penjelasan tentang foto. Saya yakin pasti ada hal-hal unik yang tergali dari hasil foto yang mereka lakukan.

6 thoughts on “Pertama Kali : Berburu Foto & PhotoVoice

  1. apakah anda ada informasi lagi mengenai pelatihan photovoice yg akan dilakukan di daerah jakarta dalam waktu dekat ini? tks

      1. oiya, kalau msh ingat saya boleh tahu nama institusi yg memberikan training saat itu, kalau ada CP-nya lebih baik. maaf kalau merepotkan, tks 🙂

      2. oiya, kalau msh ingat saya boleh tahu nama institusi yg memberikan training saat itu, kalau ada CP-nya lebih baik. maaf kalau merepotkan, tks:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s