Belajar Nyanyi Keroncong

Beberapa bulan ini saya tiba-tiba ingin belajar nyanyi keroncong. Ada dua penyebab mengapa saya jadi ingin belajar nyanyi keroncong. Pertama saya suka melihat bagian Dewi Gita menyanyi di OVJ. Dari acara sepanjang itu saya cuma mau menonton bagian Dewi Gita. Lucu aja melihat semua lagu pop dibawa dengan irama keroncong. Kedua, saya pernah menonton pementasan Keroncong Tugu dan salah satu penyanyinya adalah Tante Sartje. Dia menyanyi dengan merdu sekali. Yang jelas sejak itu saya sering memutar lagunya dan berkhayal enak juga bisa menyanyi keroncong. Saya bisa sesukanya menyanyi semua lagu dengan irama keroncong.

Apakah saya punya hobi menyanyi ? Sama sekali tidak. Bahkan saya tidak terlalu suka karaoke (menghindari karaoke tepatnya). Namun entah mengapa irama musik ini melekat sekali ke saya sampai saya termotivasi untuk belajar. Lagu yang ingin saya nyanyikan dalam irama keroncong adalah ‘Mau Dibawa Kemana‘ selain juga lagu-lagu gereja. Tidak ada niat saya untuk jadi populer. Hanya untuk kepuasan batin saja meletakkan video-video cover saya di Youtube. Pertanyaannya sekarang adalah :

Siapa yang bisa mengajari saya bernyanyi keroncong ?

5 thoughts on “Belajar Nyanyi Keroncong

  1. Saya juga punya keinginan yang sama seperti anda, cuma belum menemukan jalan keluarnya…. Terima kasih kalo menemukannya.

  2. Saya juga sangat ingin belajar tehnik vocal keroncong karena saya rasa di Indonesia ini masih sedikit sekali pemuda yang mau belajar menyanyi keroncong selain itu saya juga ingin melestarikan warisan budaya.. kalau bukan generasi muda siapa lagi coba yang menggantikan para maestro terdahulu seperti gesang, soendari sukatedjo, Hetty Koes Endang dan lainnya..
    Jadi marilah kita bersama nguri-uri budaya Indonesia !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s