Saya PUAS 2012!

Saya puas belajar banyak hal tahun 2012 ini. Saya akan mengenang tahun ini sebagai tahun yang produktif. Tahun kebangkitan setelah tersiksa dengan drama 2011. Saya percaya bahwa tahun 2011 tetap perlu terjadi supaya saya bisa mensyukuri 2012 ini dengan total.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak kisah yang terjadi di tahun 2012. Awal 2012 dimulai dengan keruh karena masih menyeret-nyeret kekacauan 2011. Namun minggu demi minggu semua berjalan sebagaimana mestinya. Saya membuat banyak perubahan dalam hidup saya dan saya tidak menyesali satu pun keputusan saya tersebut. Daftarnya adalah sebagai berikut :

  1. MENGUNDURKAN DIRI. Setelah 3 tahun bekerja sebagai guru di departemen berkebutuhan khusus di salah satu sekolah nasional plus, saya memutuskan untuk mengundurkan diri. Termasuk keputusan ekstrim untuk saya yang sejak tahun 2006 mengandalkan hidup dari penghasilan tetap bulan per bulannya. Alasan saya mengundurkan diri memang tidak bisa ditunda-tunda lagi. Saya harus fokus mengurus bisnis yang saya kelola bersama partner saya, Ramot. Saya tidak menutup-nutupi bahwa usaha yang kami rintis ini belum bisa menghidupi kami berdua sehingga kami perlu tetap mencari pendapatan sampingan. Itu sebabnya kami masih sama-sama mengajar paruh waktu. Dia di kampus almameternya, saya di tempat kursus bahasa inggris di Depok. Saya menikmati setelan waktu saya yang baru ini. Menjadi orang yang tidak terikat jam kerja memang sudah lama saya rindukan dan saya bersyukur akhirnya saya sampai juga menjalani itu semua. Saya bisa melihat bahwa saya bisa lebih rileks mengatur waktu tanpa merasa bersalah. Efek sampingnya berat badan saya bertambah. Itu saya coba atur dengan membeli wii dan mulai 4 hari ini berlatih wii fit hahahaha.
  2. COBA AH! Tahun ini saya mulai aktif di twitter karena saya menemukan banyak hal yang bisa saya pelajari dari sana. Saya mendaftar Kelas Inspirasi, datang ke TEDx, lalu yang tidak kalah kocak adalah menjadi pemain numpang lewat di Ketoprak (kalau yang ini dari teman bukan dari Twitter). Tentu tidak lupa keterlibatan aktif saya dalam pelaksanaan Autism Awareness 2012 di sekolah saya sebelum saya mengundurkan diri. Semua itu terjadi dalam jeda beberapa minggu dan sungguh melelahkan tapi saya puas telah mencoba berbagai hal yang tidak terpikirkan saya sebelumnya. Buat saya hidup itu harus banyak coba. Gagal, salah, error, malu-maluin, yang penting sudah coba.
  3. Saya KELUAR. Tahun ini saya keluar dari gereja tempat saya bernaung selama 13 tahun. Bukan karena ikut-ikutan, tapi justru karena saya mempertajam pemikiran kritis saya termasuk dalam hal keimanan. Memang ini tidak masuk akal untuk orang Indonesia yang cenderung cinta buta terhadap keyakinan atau kelompok agamanya. Saya mengasah kemampuan analisis saya kebetulan karena di bulan yang sama saya harus berdiri di depan total 60 mahasiswa baru UI dan menyampaikan tentang berpikir kritis. Saya pikir, saya hanya akan menjadi fasilitator yang tidak bernas jika saya tidak menerapkan berpikir kritis ketika ada polemik dalam gereja lama saya. Hasilnya ? Saya keluar. Saya keluar dengan damai sejahtera, tidak dengan dendam, bukan karena ikut-ikutan, bukan karena mengidolakan seseorang. Saya berpikir maka saya keluar.
  4. Selamat Tinggal Multiply. Tahun ini pihak multiply menutup bagian blognya dan fokus kepada online market. Saya harus mengekspor tulisan-tulisan lama saya ke blogspot dan tadinya saya ragu apakah saya perlu menggabungkannya ke blog saya ini. Blog yang mengkhususkan diri tentang kisah saya sebagai pengajar. Akhirnya saya memutuskan untuk mengekspornya ke wordpress saya (sepertinya ketika saya menulis postingan ini proses migrasi masih berjalan karena tulisan lama tersebut belum masuk ke wordpress). Mengapa saya memutuskan untuk menggabungnya kesini? Karena saya hanya ingin menampilkan diri saya sebagai manusia seutuhnya. Yah beginilah saya, anda bisa melihat di satu masa tulisan-tulisan saya terlalu dangdut atau terlalu meledak-ledak.  Ijinkan saya mengutip : ‘A great writer reveals the truth even when he or she does not wish to.TOM BISSELL’
  5. Saya Belajar Banyak. Sepertinya di dalam diri saya selalu kehausan untuk menjadi murid yang terus belajar. Saya bersyukur bahwa saya bisa belajar gratis dari orang-orang biasa yang memang pertemanan kami tidak sampai saling meng-add di facebook tapi orang-orang tersebut mencerahkan saya. Sebagian besar saya belajar justru bukan dari kata-kata mereka, tapi dari tindakan mereka, dari bagaimana mereka menyikapi masalah. Saya lega saya tidak mengidolakan mereka. Saya tetap bisa melihat kelemahan dan kekurangan mereka, tapi tetap banyak ilmu yang saya bisa dapat dari mereka.

Akhir kata saya masih belum bisa menentukan target 2013 gara-gara membaca artikel ini. Sungguh membuat saya berpikir..

One thought on “Saya PUAS 2012!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s