MAU DIBAWA KEMANA

Mau dibawa kemana – sebuah lagu dari Armada adalah lagu yang suka saya dengarkan dalam berbagai versi di youtube. Saya suka dengan situasi yang penuh ketidakpastian seperti yang dituturkan dalam lagu tersebut. MAU DIBAWA KEMANA LUBUK HATI YANG TERDALAM sepertinya menjadi senandung kecil ketika saya sendirian.

Setiap malam hidup di pinggir jalan, saya menghadapi kesendirian. Berhadap-hadapan dengan diri saya sendiri. Lubuk hati terdalam saya ingin mencari petualangan baru. Saya sudah merasa cukup dengan apa yang telah saya lakukan selama ini. Saya tidak lagi memikirkan soal return of investment dari usaha yang saat ini saya kelola. Sebuah momok yang sempat menggelayuti saya di tahun pertama karena merasa perlu mempertanggungjawabkan uang warisan. Usaha saya saat ini mulai menunjukkan hasil, tapi saya pun tidak tertarik memetik hasil. Saya ingin menjelajahi tempat baru sambil menjadi pekerja lepas. Saya ingin melihat hal baru dan kearifan ulayat yang tidak akan saya bisa pahami dengan sungguh-sungguh jika hanya membaca dari Depok saja. 2 tahun hidup di Depok, 27 tahun di Pasar Minggu, saya masih merasa belum belajar apa-apa dari budaya yang berbeda. Saya membayangkan bahwa saya menjalani sebuah lembaran baru yng mana saya bisa mengajar, menulis atau apapun sambil saya mempelajari buday tradisional ìndonesia.

Apakah saya tidak ingin punya aset ? Punya anak ? Punya kekayaan ? Saya ingin. Tapi keinginan saya berpetualang lebih besar dari itu semua. Saya tahu dalam pengalaman saya bekerja, saya tidak pernah bertahan di satu tempat lebih dari 3 tahun. Ketika saya sudah merasa ajeg dan menguasai semuanya, saya akan mengepak seluruh barang-barang saya dan menantang diri saya sendiri ke dalam situasi yang baru.

Sadar mengenai hal itu, saya mempersiapkan diri untuk 1 tahun lagi mempersiapkan orang yang meneruskan usaha ini. It is time for me to set a new journey. No strings attached. Nothing to lose even to all assets and belonging I have. My life is about an exciting path.

I realised adventures are the best way to learn

2 thoughts on “MAU DIBAWA KEMANA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s