Pameran F Widayanto : Drupadi

Sulit mengharapkan saya mondar mandir di mall ketika akhir pekan. Jadi kali ini yang saya lakukan adalah menyambangi pameran keramik F Widayanto. Bagaimana kekaguman saya kepada Beliau ada di cerita saya setahun yang lalu gedubrakan ke TEDx. Pameran diadakan di Galeri Nasional sampai tanggal 30 Agustus. Tidak ada tiket masuk alias gratis. Bagi para penikmat seni tentu saja bisa membeli berbagai rupa Drupadi tersebut. Lukisan dijual seharga Rp. 5 juta rupiah sedangkan patung-patung Drupadi yang bobotnya mencapai 80 kg tersebut bisa dibeli antara 250 – 400 juta rupiah.

Saya datang sebagai penikmat seni gratisan. Bahkan untuk membeli ubinnya saya belum sanggup.

Image

Namun menikmati buah tangan seseorang yang pernah ditertawakan karena masuk Jurusan Keramik sudah memuaskan buat saya.

Siapakah Drupadi ? Penikmat kisah wayang dan Mahabharata pasti tahu siapa doi. Yang menarik adalah bagian perubahan kisah dari yang tadinya istri Pandawa Lima (digilir setiap tahunnya) menjadi istri Yudistira seorang di masa Kerajaan Demak (kerajaan Islam pertama kali berdiri di Jawa). Sayang sih tapi ya sudahlah setidaknya tidak seperti di Afghanistan yang mana patung Budha dihancurkan.

 

bertahan
bertahan

F Widayanto membuat berbagai bentuk Drupadi yang menggambarkan bagian terkenal dari kisah perempuan yang satu ini : ketika Drupadi ditarik bajunya dan mempertahankan untuk tidak telanjang dan bagian yang mana dia bersumpah tidak akan menggelung rambutnya sampai orang yang menjambak rambutnya mati.

Yang baru pertama kali saya lihat adalah karya F Widayanto dengan warna tanah kelabu. Beda dengan yang biasa saya lihat, penuh warna dan mengkilap. Foto tanpa cahaya lebih bisa menggambarkan bagaimana F Widayanto mewarnai wajah Drupadi yang pakai bedak dan lipstik. Oh ya, sunting konde juga dibuat detail tapi tentu saja yang membuat bukan F Widayanto melainkan Alfons Stephanus. Akhir pekan ini memuaskan sekali. Dalam satu hari 2-3 tugas dikerjakan sekaligus mendapat penyegaran dengan menikmati Drupadi 🙂 Untuk hasil foto lengkap silakan klik tautan di bawah.

tanpa cahaya kamera, semua terlihat lebih pas
tanpa cahaya kamera, semua terlihat lebih pas

hasil foto lengkap di Pameran Drupadi F Widayanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s