dengan segala merek lokal

NoPoo : Bebas Ketombe Tanpa Sampo Anti Ketombe

Kulit kepala yang berminyak membuat rambut mudah sekali penuh dengan ketombe. Ternyata sampo anti ketombe bukan solusi untuk beberapa orang yang sebenarnya memiliki alergi terhadap salah satu zat yang ada di sampo anti ketombe itu sendiri. Bingung? Simak tulisan di bawah ini.

Ada beberapa orang yang kulit kepalanya sebenarnya tidak cocok dengan zat yang ada di dalam sampo anti ketombe. Maksud hati ingin membersihkan ketombe, yang terjadi malah harus keramas tiap hari dengan sampo anti ketombe. Ironisnya, begitu tidak keramas atau terlambat keramas, rambut langsung berketombe lagi. Hampir sebagian besar sampo mengandung Sodium Lauryl Sulfate. Fungsinya adalah membuat busa pada zat pembersih. Sayangnya tidak semua kulit kepala orang tahan dengan zat ini. Ujung-ujungnya malah lebih berketombe.

Jika membaca dari no poo method, industri perawatan tubuh lah yang mendorong promo secara kencang penggunaan sampo 2-3 seminggu. Padahal rahasia rambut bebas ketombe sederhana dan murah. Saya kemudian menjadikan diri saya sendiri sebagai percobaan. Saya mengikuti resep dari Mbak Ade.  Berikut jurnal perjalanan saya dalam menggunakan metode No Poo:

No Poo Rabu, 29 Juni

Setelah semalam sepedaan ke UI dan keramas hanya dengan baking soda dan jeruk nipis, bangun pagi kepala baik-baik saja (biasanya sudah berasa kotor lagi)

No Poo Rabu, 31 Agustus

Sudah seminggu ini cuci rambut dengan Natur anti ketombe. Selain karena baking soda cap kupu kupu habis, saya selalu lupa beli jeruk nipis untuk mengatasi ketombe saya. Bencana.

No Poo 14 Sept

Saya dapat soda kue dari teman. Saya jadi berpikir apakah baking soda berbeda dari soda kue? Koq rasanya tidak sebersih soda kue?

Nah Akhir September saya lupa melulu membeli baking soda. Saya pakai Natur. Sekalipun informasi yang ditulis adalah pencuci rambut alami, ternyata masih ada kandungan SLS di dalamnya. Bersih hari itu, gatal satu hari setelahnya. Begitu terus. Akhirnya saya kembali menggunakan baking soda untuk membersihkan rambut.

Kesimpulan:

mencuci rambut dengan baking soda dan jeruk nipis benar-benar solusi buat saya karena saya jadi keramas cukup 1x seminggu. Sebenarnya dari No Poo sendiri, mencuci rambut hanya dengan air pun cukup. Cuma karena kulit kepala saya berminyak dan cenderung mudah berketombe, baking soda ini sudah menjadi pilihan yang tepat. Akhirnya setelah hampir 20 tahun tergantung dengan sampo anti ketombe keluaran Zinc, Clear, Lifebuoy, Selsun, Natur; saya menemukan solusi terbaik untuk saya sendiri tanpa perlu konsultasi ke Klinik Erha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s