peentar job fair 4

Jurusan ini Prospeknya Bagus!

Mak, ini tahun berapa? Abad berapa? Millenium berapa? Diucapkan oleh orang yang katanya lulusan luar negeri masih mikir bahwa jurusan A prospek bagus, jurusan B gak. Oke lah gue tolerir kalau orang itu memang tinggal di salah satu ibu kota propinsi di pulau Sumatera yang sering mati lampu. Gue elus dada aja. Dada Elon Musk. Weks koq udah ga dada Brad Pitt lagi? Wis lah masih kisruh rebutan anak. Elus dada om om yg lain ajah.

Saya kasihan sih dengan kaum menengah ngehe Indonesia. Rata-rata dari mereka bisa koq beli sabak digital merek apel kegigit (atau apapun produk terkini lah yang jelas bukan Xiaomi kaya gw. gengsi harga diri terobek-robek buat mereka pake Mi) tapi sebaran informasi tidak berkembang dari pemikiran era…. 90an terutama soal pendidikan. Saya kepengen sebenarnya membanting satu per satu produk teknologi yang mereka sanggup beli setiap kali mengucapkan hal receh yang tidak terbukti secara penelitian mendalam. Contohnya ya bahwa jurusan A lebih cerah daripada jurusan B. Itu semacam kawin sama orang Batak pasti lebih hepi daripada suku lain. Camkan itu! Camkan! *kenapa gw sll lari ke soal kewong sikk*

Baiklah, di era digital seperti sekarang ini orang diharapkan bukan cuma menguasai satu keahlian karena perubahan bisa cepat dan drastis. Apa tolak ukur sebuah jurusan punya masa depan yang lebih cerah daripada jurusan lain? Mengapa orang Indonesia tidak pernah melihat profesi guru sebagai masa depan yang cerah? Akhirnya guru di Indonesia kebanyakan cuma jadi pendoktrin hapalan karena hanya itu yg mereka tahu?

JURUSAN PROSPEK CERAH CEPAT DAPAT KERJA?

Kalau standar jurusan yang prospeknya cerah adalah cepat mendapat kerja. Maka saya beritahu: jadilah penjual. Yoi! Orang selalu butuh sales say! Lulus SMA juga langsung bisa dapet kerja jadi sales. Kalau rajin bisa dapet bonus macem-macem. Oh ya era emas Youtube menghasilkan salesman IT yang sukses kemas acaranya sehingga selalu ditunggu pemirsa. Apa dia punya latar belakang broadcasting? latar belakang humas? Gak koq. 100% dulunya sales toko. Yang jelas sih pendapatan dia jauh melampaui insinyur yang hidup di negaranya ya.

JURUSAN PROSPEK CERAH CEPAT DAPAT KERJA di Perusahaan Top?

Kalau standarnya jurusan yang prospeknya cerah adalah kerja di perusahaan prestis seperti yang dialami mbah A, pakde B, bude C, om D, atau tante E maka selamat datang di Revolusi Industri baru: hari ini sebuah perusahaan dipuji puja sebagai pembayar gaji karyawannya secara royal (fasilitas ini itu), besoknya mereka PHK massal. Mau contoh? Tanyakan perusahan Minyak dan Gas.

KAMU YAKIN KEMAMPUAN YANG BISA KAMU KASI KE PERUSAHAAN GA BISA DIGANTIKAN… ROBOT?

Yang lebih perih lagi Jendral, dunia digital sedang bergerak ke artificial intelligence. Perusahaan ingin menciptakan segala sesuatu lebih efisien, lebih cepat, dan lebih padat karya. Artinya pekerjaan-pekerjaan yang selama ini masih dilakukan manusia dalam 10 tahun yang akan datang akan diselesaikan oleh mesin ataupun robot. Perusahaan ga butuh lagi orang-orang yang cuma kerja melakukan tugasnya berulang dari pagi sampai sore tanpa keahlian istimewa (dibanding mesin atau robot tersebut). SEKALIPUN KAMU LULUSAN DARI JURUSAN INCARAN SEJUTA UMAT JEBOLAN KAMPUS PUJAAN.

Kalau kerjaan kamu bisa digantikan sistem, kamu akan dicampakkan. Lebih mudah merawat sistem dek daripada merawat kamu. Manusia kan mau libur lah, cuti hamil lah, cuti istri melahirkan lah. Sistem? Hohoho jalan terus 24/7 menyajikan data secara cepat LANGSUNG bisa mengubah arah perusahaan ke yang lebih menguntungkan tanpa harus tertunda karena alasan manusiawi seperti : ‘maap ya pak saya ga bisa kelarin laporan analisis hari ini soalnya nini saya meninggal’

Dalam 10 tahun itu juga ada profesi-profesi yang akan muncul yang jauh lebih dibutuhkan dan tidak peduli lu latar belakang kuliah apa.Yang penting ‘lu bisa ngerjain ini gak tongki?’

APA PILIH PROFESI TOP MARKOTOP AJA?

Terus apa harus milih profesi itu? ya ga juga kalau lu ga suka ya ga usah dijalanin. Ada orang yang punya karir gemilang tanpa perlu lulus sarjana dari universitas prestius luar negeri. Namun saya akan tetap mendukung setiap orang belajar setinggi-tingginya. Saya akan sebutkan orang dan profesinya yang mungkin belum terpikir sebelumnya. (Yah belum terpikir buat elu sih abis punya gadget masa kini cuma buat maen FB/Path/Line trus chat dari WA group keluarga satu ke WA group keluarga lain)

  1. @amrazing. Social media specialist
  2. @goenrock videographer.
  3. my boss. She so smart, I envy how she executes different type of publication
  4. @LalaMiraJulia. Founder of Rumah Inspirasi.
  5. @trinitytraveler. Traveler apa lagi?

Terus Harus Gimana?

Nah terus untuk anak-anak yang belum menentukan mau kuliah apa harus berbuat apa? Ya berlatih keterampilan seperti yang ada di artikel ini (dibaca sampe ke bawah tongki bukan cuma dibaca judulnya terus merasa tahu sendiri). Maap ya om tante, bapak ibu, hal ini TIDAK ADA DI KURIKULUM INDONESIA apalagi DI BIMBEL ataupun seminar motipasi motipasi masa kini. Nangis aja di pojokan sana kalau males cari tahu bagaimana melatih anakmu punya 10 kapasitas tersebut. Bisa gak dilatih? Oh bisa banget. Saya bisa berani bilang seperti ini kan karena saya pernah jadi pelatih life skills alias ketrampilan hidup. Ya di-googling dong. Jangan keasyikan share broadcast message Pilkada mulu. Kalau nyerah sini bayar jasa konsul ke saya dengan sekarung makanan kucing dan segelas kopi. Muahahhaa

Tuhan, kaya gini ya. pernyataan semacam S2 Psikologi bilang LGBTQ perlu disembuhkan lah, atau s2 lulusan univ TOP bilang cari jurusan yang prospeknya baguslah, yang bikin aku sakit ati ti ti. Kenapalah bukan aku yang cerdas cendekia nan gembul penuh estetika ini yang dibukakan jalan selebar2nya untuk s2..koq malah mereka yang cuma bikin blunder bangsa dan negara. huhuhu (ocehan riya)

 

 

One thought on “Jurusan ini Prospeknya Bagus!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s