Sapi minum kelapa

TNR : Mengapa Membuang Kucing Bukan Solusi?

Ada banyak alasan masalah kucing jarang diselesaikan dengan menjebak dan membuang kucing di tempat lain. Orang masih percaya mitos jika kucing dibuang jauh kucing tidak akan kembali. Kucing tersebut mungkin tidak kembali. Namun apakah masalah selesai? Tidak juga. kucing feral dan kucing stray tinggal di lokasi tertentu karena ada akses makanan dan tempat tinggal. Jika sekelompok kucing yang biasa berada di sekitar apartemen/ perumahan/ perkantoran/ kantin dibuang maka kucing dari koloni sekitarnya dapat bergerak untuk mengambil keuntungan dari makanan baru tersedia dan tempat tinggal. Siklus reproduksi dan perilaku gangguan dimulai lagi.

Seringkali semua kucing di sekitar apartemen/ perumahan/ perkantoran/ kantin  tidak tertangkap, karena sebenarnya yang sering bisa tertangkap adalah kucing stray (kucing jalanan yang cukup jinak dengan manusia) padahal ada juga kucing feral (kucing jalanan yang tidak mudah jinak dengan manusia; sering cari makan ketika malam/sepi) maka yang tertinggal akan cenderung memiliki anak kucing dalam jumlah banyak. Anak-anak kucing tersebut lebih mungkin untuk bertahan hidup karena ada sedikit kucing bersaing untuk makanan. Populasi koloni akan terus meningkat hingga mencapai jumlah yang dapat didukung oleh makanan yang tersedia dan tempat tinggal.     

Solusi? T-N-R:

  1. Bentuk komunitas orang-orang yang peduli dengan overpopulasi kucing. Mereka yang akan menjadi sukarelawan untuk menangkap kucing dan melepasnya kembali setelah kucing pulih steril
  2. Galang dana di kalangan warga RT/penghuni setempat
  3. Tandai setiap kucing yang sudah disteril dengan gunting besar sehingga cukup terlihat oleh orang awam maupun dinas sosial.

Anda tidak perlu khawatir lagi ada kucing baru yang masuk ke lingkungan anda karena yang sudah anda steril masih berada di koloni tersebut. Kucing baru cenderung menyingkir jika sudah ada kucing di suatu koloni.

NB: Tahukah kamu jumlah kucing jantan sebenarnya lebih sedikit daripada kucing betina? Namun selama kucing jantan masih fertil mereka bisa membuahi banyak kucing betina sehingga jumlah anak kucing terus bertambah. Makanya, steril kucing jantan jelas menguntungkan. Proses operasi yang cepat, pemulihan yang singkat sekaligus mencegah kucing jantan ini menghamili banyak betina

http://www.humanesociety.org/issues/feral_cats/qa/feral_cat_FAQs.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s