Tips Jadi YouTuber Keren dari Videografer Profesional @Goenrock

Saat ini trend membuat content bukan cuma mengandalkan ulasan di blog, tapi juga menggunakan video dan mengunggah di Youtube. Lalu bagaimana caranya jadi Youtuber keren? Simak tips dari videografer profesional @Goenrock

Untuk yang belum tahu siapa @Goenrock alias Anggun Adi. Dia adalah orang di belakang layar pembuatan videoklip Anji – Dia dan beberapa iklan komersil untuk Kartu Halo, Singapore Airlines, maupun Nestle. Bukan cuma itu saja @Goenrock bersama tim baru saja memenangkan juara 1 festival iklan Bukalapak dengan hadiah Rp.250 juta. Luar biasa ya?

Lalu apa tips supaya bisa jadi youtuber keren dengan video yang menarik? Kuncinya ternyata bukan melulu dengan perangkat yang serba mahal. Namun bagaimana membuat story board dengan eksekusi yang menarik.

Buat Cerita yang Menarik.

Apapun medianya (entah itu blog ataupun vlog), kekuatan cerita adalah kunci. Goenrock mengemas perjalanannya ke Sumatera Selatan tanpa perlu banyak berkata-kata tapi tetap membuat orang yang menonton vlognya tertarik untuk lebih tahu tentang Palembang dan sekitarnya. Sama seperti menulis blog, pembuatan vlog pun perlu membuat draft, apa saja yang mau direkam dan siapa saja yang mau diwawancara.

Kumpulkan Footage

Cerita yang menarik didukung oleh footage yang cukup. Footage adalah potongan-potongan video yang dapat digunakan untuk melengkapi keutuhan cerita. Seperti di video @Goenrock yang menggarap perjalanan kopi darat komunitas blogger yang didukung Blue Bird. Video ini bukan cuma memuat hasil wawancara pesertanya tapi juga ada video beberapa detik ketika mereka sedang di bis, mereka mengambil foto, ataupun pemandangan sekitar lokasi

Teknik Mengambil Video

Agar vlog yang kita hasilkan tidak monoton, maka kita dapat melakukan beberapa teknik camera movement yang sudah disebutkan @Goenrock di video tutorial ini. Dari plot cerita yang sudah dibuat, bisa dipilih di bagian adegan mana yang ingin menggunakan camera movement tertentu sehingga cerita dapat disampaikan lebih menarik. Selain itu kita juga dapat mempelajari teknik shot dan angle camera yang dibahas @Goenrock di sini.

Edit Video

Setelah mengumpulkan berbagai potongan video, kita dapat merangkai video tersebut dalam pemograman komputer. Bisa menggunakan program gratis seperti Cyberlink Power Director ataupun program berbayar seperti Adobe Premiere ataupun Adobe Clips yang digunakan @Goenrock.

Motivasi dan Terus Berlatih

Untuk menjadi Youtuber yang keren, tantangan sebenarnya bukan di masalah gear tapi motivasi. Sama seperti menulis blog, membuat video yang menarik pun perlu motivasi dan terus berlatih. @Goenrock tidak akan didaulat sebagai guru videografi oleh Sobat Hape kalau dia tidak terus memotivasi diri menghasilkan video yang rutin.

Nah itu dia tips-tips paten dari @Goenrock! Dijamin bikin video menarik buat kamu yang mau jadi Youtuber keren! Oh ya jangan minder dulu dengan gadget yang terbatas. Videografer profesional sekelas @Goenrock juga pernah buat video time lapse hanya dengan menggunakan hape loh. Ayo jangan mau kalah!

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s