Mengintip Cirebon

Perjalanan ke Cirebon ini sebenarnya tanpa rencana. Kebetulan menemukan tiket murah Argo Jati Gambir Cirebon cuma 60.000 ya sudah meluncur saja. Jumat dimulai dengan bangun baru jam 7 dan tergopoh-gopoh menuju Gambir menggunakan Commuter Line. Turun di Gondangdia, segera naik ojek pangkalan dengan pesan ‘segera pak mau mengejar kereta’ Tukang ojek semacam mendapat lampu hijau untuk menggeber motor ala Moto GP. *wiridan*

Commuter Line Depok Baru – Gondangdia tidak tahu karena terbiasa tap.

Ojek Gondangdia – Gambir 20.000. Ada kali perjalanan tersebut cuma 3 menit. Jangan ditanya kaya apa kecepatannya. Kami masih sempat beli minum Dum Dum lalu kereta pun datang. Argo Jati 60.000 per orang. Tiba di Cirebon kami berjalan kaki ke Hotel Neo yang hanya berjarak 700 meter. Saya sebenarnya senang melihat kota baru dengan berjalan karena saya jadi bisa lebih tahu kota tersebut. Sayangnya saya lupa membawa topi dan sepatu karet Reebok kado natal dari teman. Andai ada, saya lebih merasa nyaman.

Setelah check in dan menaruh barang, kami order Grab Car ke Empal Gentong Apud. Tarif taksi 12.000. Empal Gentong Apud ini referensi Mas Jay yang memang orang asli Cirebon.

Dari Empal Gentong Apud kami naik Grab Car menuju Istana Kerang dengan biaya 20.000. Lucu deh Istana Kerang ini. Parkirannya dipisah antara karyawan wanita dan pria. Hanya ada kami dan dua turis Jepang yang datang. Rasanya mau beli cermin dan lampu. Cuma menyadari kami masih kontraktor, ambisi itu ditahan dulu supaya tidak repot ketika pindahan. Saya membeli hiasan natal 35.000 dan tempat sabun batang 65000.

Sesuai dugaan tidak ada Grab Car yang tersedia dari Istana Kerang. Kami pun mengorder Grab Bike ke Batik Trusmi dengan membayar masing-masing 8000 rupiah. Tiba di Kampung Trusmi, kondisi Ramot sebenarnya sudah agak sakit. Kami sempat masuk ke toko BT tapi saya tidak bahagia karena tidak bisa menawar. Hahaha

Saya pun mencoba berjalan ke belakang dan menemukan toko Shofa. Hore. Harga yang diberandol masih bisa digoyang karena di situ seni membeli batik. Saya sih bukan penawar afgan malah rasanya mau membeli semua hahaha. Di sini hanya beli hem 100.000 dan blus 60.000

Karena kondisi Ramot, kami pun order Grab Car dari Trusmi ke Hotel Neo sebesar Rp.25.000. Balik ke hotel kami tidur hahaha. Cuma karena lapar jadinya terbangun dan naik Grab Car menuju Nasi Jamblang Mang Dul cukup 10.000 saja. Nah dari Nasi Jamblang Mas Dul kami naik becak untuk ke toko Daud tapi tutup. Makan di Mang Dul 24.000 dan 10.000. Untung sekali tukang becak cukup baik mencarikan toko oleh2 yang masih buka. Kami pun menuju Toko Sumber Jaya. Di sini kami membeli kecap manis khas Cirebon 23.500 dan Tape 39.000. Becak hanya 15.000. Baru dari Toko Sumber Jaya kami naik Grab Car sebesar 9000.

HARI KEDUA

Setelah sarapan kami menuju alun-alun dengan menggunakan Grab Car 12.000. Peserta kirab sudah sangat ramai. Kami tidak bisa masuk ke Kasepuhan karena sedang ada kegiatan Festival Keraton Nusantara. Sambil menunggu acara pembukaan berlangsung, kamipun berjalan ke Keraton Kanoman. Di sini kami melihat beberapa benda pusaka dari Kanoman maupun dari Yogya. Kami sempat melihat kirab 4 keraton tapi karena keterbatasan waktu kami pun kembali ke Neo Hotel menggunakan Grab Bike masing-masing 5000 rupiah. Foto dan video yang lebih baik menyusul ya

Karena kereta kami baru ada jam 4 kami menyempatkan diri berjalan ke pantai di depan hotel

Kami pun lalu makan siang dulu d Empang Gentong Krucuk

Saya tidak bisa membandingkan dengan Empal Gentong Apud dari segi harga karena bon hilang tapi saya lebih suka Empal Gentong dan Sate Kambing Apud karena kuah lebih kental terasa dan sate lebih banyak daging dengan bumbu kecap yang pas sementara kuah Empal Krucuk lebih bening dan sate lebih banyak lemak dengan bumbu kacang yg gosong.