Perawatan Pasca Operasi

Pertanyaan seputar perawatan pasca operasi steril kucing wajar ditanyakan kepada saya hampir setiap hari setelah operasi. Mengingat ini adalah operasi dengan bius total, para pemilik pemula seringkali harap harap cemas beberapa jam setelahnya. Muntah, kehilangan napsu makan, pipis terus menerus adalah hal wajar setelah dibius. Nah berikutnya :

  1. Operasi steril (termasuk yang bersubsidi) sudah termasuk antibiotik jadi ga usah perlu minum antibiotik lagi.
  2. Hari pertama memang kucing masih malas. Tidak perlu dipaksa makan. Sediakan saja makanan dan minuman. Disentuh syukur, ga disentuh ga usah panik. Taruh kucing / anjing di ruangan yang nyaman. Kalau punya kandang bisa ditaruh bersama bak pasir, mangkuk makanan dan minuman. Saya sendiri melengkapi diri dengan kandang no 2 (60 cm x 45 cm x 50 cm), mangkuk air dan makanan kecil disertai bak pasir yang paling kecil (beli di pasar Rp.15.000). Kalau kucingnya stres di kandang biasanya sih saya akhirnya keluarkan tapi cuma bermain di dalam rumah (tidak ke teras ataupun ke halaman)
  3. Kucing Jantan di hari pertama biasanya sudah cerah ceria. Kucing betina masih dipantau sampai 5 hari supaya luka benar-benar menutup. Saya pribadi jika perban sudah dibuka sebelum 5 hari memastikan jahitan tetap kering. Jika ada luka saya memberi obat mujarab Obat Merah Cina (di toko obat Rp. 18.000). Perih itu pasti. Cepat kering jelas nyata terpampang. Masih ada luka dan dijilati ? buat collar alias dari kardus tipis deh. Saya baru memberi propolis (Rp. 75.000) setelah hari ke lima jika memang ada luka.
  4. Jika sampai hari ke lima kucing betina belum membuka perban maka kita yang membuka. Ga usah pakai pelan pelan. Jebret aja langsung kaya waxing.
  5. Saya biasanya memandikan kucing baru sebulan kemudian (itupun kalau situasi kondisi toleransi memungkinkan) karena biasanya kucing saya mandi hanya ketika beberapa hari setelah ditemukan hehehe setelah itu ga pernah mandi.
  6. This slideshow requires JavaScript.

One thought on “Perawatan Pasca Operasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s